Kamis, 04 September 2014

WISUDA UNIVERSITAS PANCASILA

WISUDA UNIVERSITAS PANCASILA
Tanggal 24 Mei 2014

WISUDA SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014

 

Suasana Ruang Prosesi
Universitas Pancasila (UP) pada semester gasal Tahun Akademik 2013/2014 mewisuda 913 sarjana, terdiri dari 10 doktor, 113 magister, 647 sarjana, 21 diploma, dan 88 profesi apoteker pada tanggal 24 Mei 2014 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

Universitas Pancasila sampai saat ini telah meluluskan 44.000 sarjana dari berbagai program studi dan telah berkarya di berbagai bidang sesuai disiplin ilmu dan kompetensi masing-masing. Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt. dalam sambutannya.

Lebih lanjut Prof. Pidato Rektor Universitas PancasilaDr. Wahono Sumaryono, Apt. berpesan keberhasilan saudara menyelesaikan studi di Universitas Pancasila tersebut disamping kerja keras dalam belajar menghadapi berbagai ujian, juga hendaknya disadari betul bahwa keberhasilan itu merupakan karunia Allah yang diberikan kepada saudara, berkat doa kedua orang tua dan keluarga yang tulus dan ikhlas. Oleh karena itu, sudah sepantasnya saudara memperbanyak rasa syukur ke hadirat Allah Tuhan YME, serta meningkatkan bakti luhur kepada orang tua serta keluarga yang telah memberikan dukungan moril maupun materil.
Kepada orang tua dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan anggota keluarga Bapak/Ibu dan saudara sekalian. Saya sampaikan pula penghargaan dan terima kasih kepada seluruh dosen dan pegawai Universitas Pancasila, atas segala kontribusinya dalam proses kegiatan akademik dan non-akademik bagi para mahasiswa, sehingga pada hari ini mereka dapat diwisuda.

Saya ingin mengingatkan kepada para pendidik di lingkungan Universitas Pancasila, bahwa sasaran pendidikan bukan hanya kecerdasan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga moralitas yang tinggi berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, perilaku yang konstruktif dan kepribadian yang tangguh serta mulia.  Itulah sesungguhnya karakter manusia yang seharusnya menjadi sasaran pendidikan yang pada akhirnya menjadi karakter masyarakat dan karakter bangsa.
Pidato Ketua Pembina YPPUP
Ketua Pembina YYP-UP  Dr. Ir. Siswono Yudo Husodo, memandang bahwa salah satu kelemahan mencolok bangsa kita adalah kurangnya integritas banyak individu yang memegang posisi-posisi kunci dalam berbagai bidang. Banyaknya pemimpin yang menyimpang, masyarakat juga semakin tidak peka. Proses diabaikan dan lebih mementingkan end-result, atau ciri dari masyarakat instant, cenderung machiavelis, yang demi tujuan menghalalkan segala cara. Ciri-ciri lain adalah berorientasi jangka pendek, dan komersialisasi berlebihan. Nilai-nilai patriotism cenderung ditinggalkan. Moralitas disegala bidang kehidupan merosot. Ketertiban masyarakat juga merosot. Di masyarakat terjadi kemerosotan kepekaan atas kepatutan (sense of decency) orang melakukan sesuatu yang tidak patut secara terbuka dan terjadi disemua tingkatan.

Untuk itu Dr. Ir. Siswono Yudo Husodo, berharap kepada wisudawan-wisudawati dapat ikut menyebarkan perikehidupan yang bermoral dan beretika sebagai calon pemimpin Negara Bangsa yang akan datang. Moral dan etika ini menjadi sangat penting bagi Negara kita, dengan melihat kenyataan terjadinya penyimpangan-penyimpangan di banyak institusi-institusi Negara, di Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif.

Ketua Pengawas YPP-UP JenPembekalan oleh Agum Gumelard. TNI (Purn.) Agum Gumelar, dalam pembekalan kepada wisudawan wisudawati dengan tema “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional Kita Dorong Komitmen Lulusan Universitas Pancasila Menjadi SDM Produktif Bagi Pembangunan Indeonesia” menyampaikan sebagai agent of change, generasi muda termasuk para lulusan Universitas Pancasila hendaknya mampu berperan aktif untuk mengadakan perubahan dalam masyarakat kearah yang lebih baik. Harus memupuk rasa cinta terhadap tanah airnya dan meningkatkan kemampuan sesuai dengan kapasitasnya, sehingga mampu mewujudkan cita-cita besar sumpah pemuda sesuai kompetensinya. Sebagai agen of development generasi muda termasuk para lulusan Universitas Pancasila harus berjuang membangun bangsa secara fisik maupun non fisik. Mereka harus berperan sebagai agent of modernization yang bertindak sebagai pelopor dan inovator. Jiwa kepeloporan dan inovator harus dimiliki oleh mereka, termasuk mengurangi ketergantungan pada bangsa lain. 
(Humas UP)http://www.univpancasila.ac.id/index.php/seluruhberita/301-wisuda-semester-gasal-tahun-akademik-2013-2014-universitas-pancasila

========================================================


Pesan Siswono bagi Wisudawan Universitas Pancasila : Prinsip Kerja 5 AS

Penulis: Estaswara|Gambar: Mahasiswa Universitas Pancasila|Sumber: training.magisterfarmasi-up.ac.id
Jakarta|Mediasi.coUniversitas Pancasila menggelar acara Dies Natalis ke-46 dan Wisuda Sarjana Semester Genap 2011/2012 pada hari Selasa (22/10/2012), di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengurus Yayasan, Dr. Ir. Siswono Yodo Husodo, menyampaikan pesan kepada wisudawan untuk selalu mengimplementasikan prinsip kerja 5As, yaitu Kerja keras, Kerja Cerdas, Kerja Mawas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas, dalam dunia kerja.
Tidak hanya itu, Siswono juga meminta wisudawan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa alumni Universitas Pancasila di samping cerdas dan berilmu, juga memiliki tujuh budi utama yang berkualitas, yaitu jujur, bertanggung jawab, adil, peduli, disiplin, visioner, serta suka menolong dan bekerjasama. Ditambahkannya pula bahwa lulusan Universitas Pancasila harus selalu berusaha menegakkan nilai-nilai kebaikan, kebenaran dan keluhuran dalam kondisi apapun.
Dalam pidatonya dihadapan 1.103 wisudawan, Siswono menegaskan kembali bahwa seorang sarjana adalah insan pengetahuan. Di tengah-tengah masyarakat, seorang sarjana memiliki kemampuan yang khusus dikarenakan kompetensi akademik yang ia miliki. Para sarjana telah mendapatkan kesempatan yang istimewa untuk mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran secara terstruktur dan sistematik di kampus. Lingkungan akademik di kampus dibangun dan dipelihara untuk menopang perkembangan pengetahuan ilmiah, dan menopang proses pendidikan serta pembelajaran bagi mahasiswa.
Di dalam kampus, seorang mahasiswa dilatih untuk mengantisipasi, merespon dan menjawab masalah. Mahasiswa dilatih untuk melakukan ini semua berbasiskan pengetahuan ilmiah, dengan cara yang ilmiah. Tetapi, masalah-masalah di luar kampus berbeda karakternya dari masalah-masalah di dalam kampus. Di masyarakat, masalah-masalah dicirikan oleh dua hal, yaitu keberagaman dan kompleksitas yang membutuhkan pendekatan multi dan antar-disiplin pengetahuan.
Dunia kerja yang akan dihadapi oleh wisudawan adalah dunia yang penuh tantangan dan persaingan yang demikian ketat, sehingga dituntut untuk berjuang keras dan cerdas agar survive. Jangan pernah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan dunia berbekal ilmu pengetahuan, kebiasaan belajar, dan semangat tinggi. Jangan berpuas diri harus menjadi kata kunci yang senantiasa melekat dalam sikap dan perilaku. Siswono juga menekankan bahwa tekanan hidup adalah cambuk untuk kemajuan. Jangan stress tetapi justru harus terangsang. Diperlukan pressure untuk growth. “No Pressure, No Growth”.

Editor: HE http://mediasi.co/pesan-siswono-bagi-wisudawan-universitas-pancasila/

========================================

Universitas Pancasila Kembali Melahirkan SDM Terbaiknya

wisuda semester ganjil tahun akademi 2012/2013  

 

Jakarta BUANA NEWS
Universitas pancasila (UP)
Pada Hari Pendidikan Nasional Kamis 2 mei 2013 menggelar wisuda semester ganjil tahun akademi 2012/2013 yang diikuti 829 mahasiswa dari Program Dokter (S3), Program Magister (S2), Program Sarjana (S1) , Program Vokasi (D II) dan Program Profesi Apotiker (Apt).  

”UP kembali melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang terbaik, sarjana-sarjana yang cerdas,jujur.tangguh dan peduli serta berkarakter yang baik, denga berlandasan nilai-nilai luhur Pancasila yang menghargai keragaman,”ujar Ketua Yayasan Pendidkan Pancasila Dr.(HC).Ir Siswono Yudo Husodo.
                                                                                                       
Saat ini kata Siswono, UP memiliki 25 Program studi dan berakreditasi sangat baik, bahkan tiga Fakultas yaitu Fakultas farmasi, Hukum dan Teknik telah mendapat penghargaan sertifikat ISO.

“Upaya meningkatkan kompetensi mutu mahsiswa terus dilakukan dengan meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri, mendatangkan dosen tamu dari luar negeri sertamewajibkan para dosen pengajar untuk memberi orasi 5 menit tentang Pancasila,”jelas Siswono

Sementara itu Ketua Eksekutif Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila (UP) Yudi Latif menyampaikan orasi ilmiah kepada wisudawan mengmbil tema Karakter Pancasila Sebagai Dasar Kemajuan Bangsa. Dalam orasinya Yudi Latif menjelaskan, setiap bangsa harus memiliki karakter atau cetakan dasar kepribadian yang tumbuh dari pengalaman bersama. Bagi bangsa Indonesia, karakter itu bertumpu pada Pancasila sebagai dasar kelima sila, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan, adalah pandangan dunia yang visioner dan tahan banting.

“Namun, nilai-nilai itu sekarang terabaikan. Karena itu, kita harus kembali mencetak nilai-nilai ideal itu menjadi karakter kebangsaan dengan mendalami, meyakini, dan mengamalkannya dalam kehidupan nyata, karena saat ini para elite politik terseret arus materialisme dan pencitraan semu yang menggerus semangat gotong royong, integritas, dan perjuangan untuk rakyat, ujar Yudi.
                                                                                                                                                             
Maka, kata Yudi, diperlukan sosialisasi Pancasila secara lebih kreatif dan menyeluruh dalam pemikiran, penjiwaan, dan tindakan.  Kelima sila itu harus diamalkan dengan dasar ketaatan  pada hukum, kesusilaan, keagamaan, dan kodrat hidup bersama.(IQB)

1 komentar:

  1. dobigift - Ahlinya Kado

    Di order yuks...
    KADO WISUDA

    Buat teman, sahabat dan orang terkasih kamu..
    langsung kontak dobi aja ya..
    ======================
    FAST RESPONE
    WA / SMS : 085691414296
    BBM : 2904D938
    ======================
    More Info :
    www.dobigift.blogspot.com
    Follow IG @dobigift
    "AHLINYA KADO"

    BalasHapus